Senin, 31 Oktober 2016

invita-8-g

Pengalaman Invita 2016
Oleh Reizha Alifian R 8G

Pada tanggal 19-23 oktober, Sekolah SMP labschool Jakarta mengadakan kegiatan Invita atau kegiatan Industri Visit dan tafaqkur alam. Kegiatan ini diadakan untuk anak - anak kelas 8. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenal Kota tujuan yaitu Kota Yogyakarta.

Pada tanggal 19 oktober, semua siswa SMP kelas 8 kumpul di stasiun gambir pada jam ½ 6. Saat nyampai sana, semua siswa sholat maghrib dan briefing sebentar lalu langsung menuju kereta untuk melanjutkan perjalanan ke kota tujuan yakni Kota Yogyakarta. Perjalanan kira kira sekitar 8 jam dan nyampai sana sekitar jam 4. Di kereta kita tidak terlalu banyak aktivitas karena perjalanannya yang jauh. Kita hanya ngobrol dan bercanda bersama.

Nyampai disana kita langsung turun dan menuju ke bis kita untuk melanjutkan perjalanan ke tempat rest area untuk makan pagi dan sholat subuh. Lalu kita melanjutkan perjalanan ke Sabila Farm untuk bagaimana mereka bisa mempunyai kesuksesan yaitu mempunyai tanah seluas 11 hektar. Setalah selesai sabila farm, kita melanjutkan perjalanan ke industri PT. Sritex di Solo. PT sritex adalah pabrik terkenal di seluruh dunia karena jasanya untuk membuatkan mereka uniform tentara yang mempunyai banyak dan berebeda – beda fungsinya. Mereka sudah terkenal di Negara besar seperti German, Belanda dan lain – lain. Sebelum melanjutkan perjalanan menuju wisata selanjutnya, kita mampir ke took baju yang ada di dalam PT Sritex. Saya tidak beli apapun karena tidak ada yang menarik. Setelah selesai, kita melanjutkan perjalan ke toko kaos. Saya hanya membeli satu dan itu karena saya butuh. Selanjutnya kita pergi ke hotel. Kita menginap di hotel Cavinton, ini pertama kali saya pergi ke hotel ini dan menurut saya hotelnya lumayan untuk orang yang sumuran dengan kita tapi hotelnya keliatan sedikit tua. Setelah ini kita hanya tidur di hotel dan melanjutkan di hari esok.

Di hari jumat, paginya kita makan pagi di Ballroom hotel Cavinton. Menurut saya makanannya cukup memuaskan. Jam ½ 8 kita sudah harus ngumpul di lobby untuk memulai perjalanan invita hari kedua. Pertama – tama kita jalan ke Kraton untuk mengamati kepeniggalan raja – raja. Setelah dari situ kita melanjutkan perjalanan ke tempat dimana kita kan diajarkan untuk membatik oleh pembatik yang ada disana. Kita tidak langsung kesana karena jembatan untuk kesana sedang ada perbaikan, karena ini kita naik kereta odong odong untuk menuju ke tempat membatik karena harus mendaki cukup tinggi untuk sampai ke tempat tujuan. Disana kita diajarkan untuk membatik. Saya saat SD pernah pernah diajarkan untuk membatik tetapi tidak terlalu lancer, sama juga disini saya membatik tidak terlalu lancar. Setelah ini kita melanjutkan perjalanan ke Pantai Parankritis untuk menikmati pamandangan di sana. Saya dan teman teman saya bermain ATV berkali kali. Lalu kita main di pesisir pantai. Walau pun sepatu dan celana saya kotor dan terkena banyak pasir , tetapi saya dan teman tidak peduli karena ini kesempatan yang tak bisa terulang. Selesai dari sini kita melanjutkan perjalanan ke Pusat belanja yaitu Malioboro. Disana saya tidak beli banyak hanya membeli dikit untuk kenang kenangan. Selesai dari situ kita pulang ke hotel untuk isitrahat dan tidur untuk besok.

Hari sabtu hari terakhir di Yogyakarta, paginya sama kita makan pagi di hotel. Lalu melanjutkan pejalanan ke candi Borobudur di Magelang. Perjalanan kira kira 2 jam. Sampai disana kita ngumpul untuk mengambil tiket masuk dan mengantri untuk masuk ke candi. Disana kita ada orang yang memandu kita jadi kita bisa mengambil gambar sambil belajar sejarahnya. Setelah itu kami pergi ke toko ole oleh bakpia bernama djava. Setelah itu kita langsung menuju ke stasiun dan berangkat ke jakarta